Kemandirian Pangan Jawa Barat


18 Des 2018 14:37:56


"Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakin bahwa Jawa Barat memiliki potensi pangan besar, hanya saja belum maksimal. beliau minta potensi yang ada di kabupaten dan kota disampaikan agar bisa disiapkan bantuan dari provinsi," katanya saat membuka Rapat Pleno Ketahanan Pangan Jawa Barat di Kota Bandung, Senin (17/11). 
Dia mengakui saat ini masih belum mengetahui secara persis potensi yang ada sehingga paling lambat Januari atau Februari 2019, kabupaten dan kota sudah bisa melaporkan potensinya agar dapat segera dibuatkan peta pengembangan jangka pendek, selama lima tahun kepemimpinannya. 

Ridwan Kamil menegaskan, bahwa sebenarnya Jabar mampu untuk menyediakan kebutuhan pangan sendiri, kalaupun kekurangan stok, bisa minta bantuan cepat, tetapi JABAR harus mandiri dalam hal ketahanan pangan.
Beberapa upaya yang akan dilakukan antara lain memanfaatkan lahan kosong untuk menambah lahan tanam hingga memanfaatkan IT. Dia mengakui usahanya ini akan mendapatkan tantangan dan hambatan dari pelaku rente atau spekulan. Sehingga dia meminta pemerintah daerah ikut mendukung programnya ini. 
"Tantangan pasti ada, tengkulak dan lainnya akan melawan. Tapi saya akan dobrak itu, untuk kesejahteraan Jabar. Tolong dibantu," katanya. 

 

 



Komentar