Biroren Kementan Selenggarakan Rangkaian Workshop Penyusunan Bahan Notifikasi Domestic Support Sektor Pertanian Indonesia TA 2019-2020


10 Apr 2021 17:06:48


Hari Rabu, 7 April 2021, Workshop dilaksanakan secara offline dan online pada lingkup Badan Karantina Pertanian dan UPT terkait, bersama dengan Kementerian Keuangan dan BULOG di Savero Style Hotel, Bogor. Acara workshop ini dipimpin oleh Sub Koordinator Substansi Kebijakan, Irma Damayanti, S.Sos. Adapun Narasumber oleh Dr. Reni Kustiari M.Sc dan Ir.Ferial Lubis MM.

Indonesia sebagai anggota WTO berkewajiban untuk menotifikasi data Domestic Support ke Sekretariat WTO setiap tahun. Kementerian Pertanian melalui Biro Perencanaan dan Kelompok Kerja Percepatan Pelaksanaan Perizinan dan Daya Saing Berusaha Lingkup Kementerian Pertanian (P3DSB) telah menyelesaikan penulisan bahan notifikasi DS sektor Pertanian Indonesia Tahun 2012-2017 dan Tahun 2018 serta telah dinotifikasi ke Sekretariat WTO oleh Kementerian Perdagangan.

Workshop dimulai dengan penjelasan mengenai Domestic Support dan panduan menghitung Domestic Support, selanjutnya peserta diminta menghitung menggunakan data serapan anggaran 2019-2020 untuk mengisi Tabel ST DS1 atau data Green Box dari Badan Karantina Pertanian dan UPT terkait. Salah satu komponen yang dinotifikasi yaitu Alokasi anggaran yang ada di Pusat yang terdiri dari kegiatan Pusat, UPT dan Dekon/TP.

Anggaran untuk UPT langsung didistribusikan ke masing-masing UPT yang berada di bawah Eselon I (Garis Vertikal). Realisasi untuk anggaran di UPT dihitung oleh UPT masing-masing. Anggaran pusat yang disalurkan ke Dinas yang bertujuan untuk mendukung kegiatan Pusat disebut Dekon/TP perlu juga untuk dilaporkan di dalam Penyusunan ST DS-1. Mengingat pelaporan yang diterima oleh pusat bersifat per output kegiatan, maka yang perlu dilaporkan adalah komponen yang terkait dengan MT 1 s/d 7 ditambah ST DS-2a dan 2b.



Komentar

wislah

12 Apr 2021 10:57:30


Semangat pak .. wislah.com bersamamu.. heee